Senin, 07 Januari 2013

2012-end




2012
Assalamu'alaikum wr wb

Wahh udah lama banget ga nulis di blog. Kangeeennn..... Hampir setahun gw ga ngeblog, rasanya udah banyak bgt yang mau dishare. Setahun ga nulis, sekarang nama gw udah lebih panjang lohh haha. Yes, I'm graduated. Yippiee! Sekarang nama gw jadi Ratih Kusumadiwati, SE.
Gifts my besties :)
Tahun 2012 banyak memberikan gw pengalaman baru dan sangat berharga. Pengalaman baru gw diantaranya, Bulan Maret 2012 gw diberikan kesempatan sm Allah buat ngunjungin salah satu negara tetangga  a.k.a liburan ke Singapura dengan duit yang sedikit demi sedikit gw kumpulin dari hasil gw jualan dan magang. Rasanya campur aduk, ada rasa bersyukur, bahagia, dan ngerasain kalo nyari duit itu ternyata ga gampang. Selain ke negri singa, bulan Mei 2012 gw barengan sama temen2 SMA gw ke Karimun Jawa, Jawa Tengah. Subhanallah. Wisata ke pantai/ laut salah satu favorit gw. Karna selain bisa refreshing, keluar dari kebiasaan penat, polusi di jakarta, gw juga bisa mensyukuri karunia dan kebesaran Allah SWT. Keindahan laut Karimun Jawa itu amazing menurut gw. Waktu itu gw sama temen2 gw dapet travel yang murah. Buat 3 hari 2 malem, kita cuma bayar Rp 430.000. Itu semua udah include penginapan 2night, makan, snorkling 2days. Pengalaman yang luar biasa!

Tahun 2012 juga memberikan gw banyak pelajaran, salah satunya kerja keras dan bersabar. Jadi ceritanya itu di tahun 2012 gw berada pada semester akhir studi gw sebagai mahasiswi strata satu. Yap! gw memulai menyusun skripsi. Ternyata galau nya orang skripsi itu adalah dewa nya galau dari semua galau yang gw dan teman-teman gw pernah rasain sebelumnya. Semua perasaan kita diuji. Dari yang namanya mulai nyari judul, revisi, nyari data, sampe yang namanya bingung mengahadapi 2 dosen pembimbing yang sungguh berbeda pemikiran.. kita diuji untuk sabar dan terus berusaha. Pernah beberapa kali gw ngerasa capek dan hampir desperate. Sampe gw ngerasa udah gabisa ngeluarin air mata, dan pengen cepet2 selese. Gw sering bgt ngerasa udah eneg, gatau lagi mau ngapain. Karena ceritanya tuh, judul skripsi gw belom pernah ada yang bikin. Jadi judul skripsi gw itu belom pernah ada sebelumnya. Jadi awalnya tuh salah satu teman baik gw, Indah Yuliana, dia nyuruh gw baca2 majalah IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), dan disana ada beberapa artikel ttg akuntansi publik. Nah gw tertarik lah tentang akuntansi publik, gw coba susun lah skripsi gw dengan Judul : Pengaruh Otonomi Daerah, Produk Domestik Regional Bruto, dan Jumlah Penduduk terhadap Investasi Provinsi di Indonesia


Pada saat itu gw dihadapkan untuk mengalahkan idealisme gw but I should press myself to the limit OR gw harus mengalah pada kenyataan dan yaaudah gitu lurus2 aja, mengikuti pattern yang udah ada. Mungkin kalo gw memilih yang kedua, gw ga akan stres dan target gw selesai bulan Juni akan terwujud. Tapi karena gw mengakui kalo ego gw terlalu besar, idealisme gw yang terlalu kuat, gw tetap meneruskan pilihan pertama, I can press myself to the limit. Semua dorongan itu datang dari satu2nya pria yang gw kagumi di dunia ini, yaitu bokap. Dia selalu menemani gw kemanapun gw nyari data. Mungkin kalo data skripsi gw itu ada di ujung dunia sekalipun, dia akan tetap mengantar dan menemani gw demi gw ga stres, demi gw bisa kembali ketawa. Bokap yg selalu ngasih gw semangat. Dia selalu semangat untuk nganterin gw kemanapun gw mau, tanpa gw minta dia selalu ada. I love him so much. Intinya keluarga itu selalu ada saat kapanpun kita butuhkan.

Akhirnya skripsi gw selesai pada bulan Juli awal, dan tgl 7 Juli gw Seminar Hasil. Dari seminar hasil itu ternyata banyak yang mesti gw revisi, sampai pada akhirnya gw berhasil sidang pada tgl 6 Agustus 2012. Alhamdulillah gw jadi Sarjana Ekonomi :) Itu rasanya bener-bener legaa dan Puji Syukur Alhamdulillaahh banget. Total gw ngerjain skripsi dari mulai nyari judul sampe sidang dan kompre itu kira-kira pas 7 bulan. Dari Bulan Januari akhir gw udah nyari-nyari judul sampe awal Agustus. Kuliah selama 4 tahun, selesai dan dinyatakan lulus dalam waktu 3 jam di dalam ruangan sidang. Gw dulu masuk tanggal 1 September 2008 dan selesai tanggal 6 Agustus 2012, Alhamdulillah. Setelah ini gw akan dihadapkan pada dunia yang sesungguhnya. Yaitu nyari kerja dan nyari duit.
Ratih Kusumadiwati, SE.

Alumnus IBS 2012



Lagi-lagi gw harus bersahabat dengan yang namanya KESABARAN. Apply kerja kesana kemari, tes disana dan disini, kalo yang namanya belum jodoh memang susah. Selalu teringat dengan kata-kata orang tua, kalo jodoh, maut, rejeki itu udah ada yang ngatur, yaitu Allah SWT. Selama tiga bulan gw apply dan tes ke perusahaan2 yang gw pengen. Ada beberapa perusahaan yg sampe tes 7 tahap, tapi ternyata di tahap terakhir gw gagal. Malah di tempat gw kerja sekarang, gw cuma tes 1 kali, dan langsung ketrima. Ketika gagal/ ga lolos beberapa kali, awalnya kecewa, tapi jangan pernah nyerah, karena semua rezeki sudah ditentukan Allah. Percaya kalo rezeki tiap manusia itu tidak akan pernah ketuker. Tapi yg gw syukuri dari diri gw, gw ga pernah mau dikalahkan dengan keadaan. Ketika gw hampir mentok, ya mentok, karena 3 bulan itu menurut gw ga sebentar loh utk jadi seorang pengangguran. Gw ga mau kerja di KAP, dan sampe 3 bulan itu gw cuma tes di 1 KAP, tempat sahabat gw kerja (Nana). Meskipun salary nya oke, tapi gw ga mau waktu gw dihabiskan di kantor dan sedikit di rumah. Ya, emang bener, selagi muda cari uang sebanyak2 nya, cari pengalaman sebanyak2nya. Tapi kalo dengan gaji lumayan, dan pengalaman yg gw dapet juga banyak, buat apa gw harus pulang malem?. Keinginan gw itu kerja sesuai passion gw, ga mau dibudakin uang, dan punya banyak waktu utk orangtua gw. Dan alhamdulillah gw dapetin itu di kantor gw skrg, NGO :)

NGO itu singkatan dari Non Government Organization. Kalo orang Indonesia biasa nyebutnya LSM asing. Kantor gw Mercycorps Indonesia. MercyCorps salah satu NGO milik Inggris yg ada di Indonesia. Cabang Mercy ada di Takengon (Aceh), Ambon, Timor Leste, Jakarta. Gw sebagai Admin&Finance Officer. Tapi kadang gw suka ikut orang Program ke lapangan, ngadain training ke masyarakat. Bertemu dengan orang2 baru, orang2 yang berbeda, dengan permasalahan kehidupan yang sesungguhnya. Kemiskinan, kesehatan, pendidikan, masalah dasar yang dialami manusia di kota besar seperti Jakarta. Rasanya miris banget pas awal2 gw dateng ke lapangan. Daerah2 yang jadi tujuan kita itu daerah2 utara dan barat Jakarta, ada juga daerah Jawa Barat. Dari tempat kerja gw ini, gw ngerasa gw adalah salah satu orang yang beruntung. Gw bisa tinggal di daerah selatan yang memang dikhususkan utk pemukiman, bukan untuk industri, wilayah kerja, daerah resapan, dll. Lagi2 gw ngerasa Allah baik bgt sm gw. Gw dikirim ke tempat2 seperti itu untuk membuat gw bersyukur akan nikmat yang selama ini gw miliki. Alhamdulillah. Kerjaan gw di finance juga asik. Orang2 nya baik2 banget, ada sih beberapa yang songong dan ngerasa udah jadi senior, tapi I don't care. Gw harus tetap fokus pada kerjaan gw skrg, jalanin semuanya sebaik mungkin dan ga mempedulikan yang memang bukan urusan gw. Saatnya mengatakan Good Luck for my Carrier!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

there's something about me

Foto saya
jakarta, Indonesia
I was born from a peaceful fam. With a gergous mom, a taugh dad, and really nice brothers.. I had college at majoring in accounting, in Indonesia Banking School. I'm going to be a success person for my family.I am spend my day wih my fam, my lovely friends, and my beloved boyfriend. Praying, reading, watching, chatting are my activities in everyday. Just going for a better tomorrow..keep always my Allah and my Rasulullah in deeply my heart..